JURNAL EDUKASI NONFORMAL
Vol 4 No 2 (2023): Jurnal Edukasi Nonformal

Efektivitas Teknik Asertif untuk Menggulangi Siswa Terisolir

Citra Dewi Utami (Unknown)
Yulia Sri Hikma Hutasuhut (Unknown)
Maqbul Matondang Yenti Arsini (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2023

Abstract

Masa sekolah merupakan masa dimana remaja memperluas lingkaran sosialnya selama tahun ajaran dengan berinteraksi dengan teman sebaya yang tidak tumbuh bersama mereka di lingkungan rumah. Tapi sekarang meskipun beberapa remaja merasa mudah untuk melakukan navigasi, tidak semua remaja melakukannya sebab ada kesulitan berinteraksi sosial dengan teman sebayanya. Penyebab remaja terisolir adalah hilangnya minat dalam interaksi sosial dan kurangnya kapasitas remaja dalam adaptasi lingkungan, remaja yang hidup terisolasi kurang memiliki ketegasan, serta kurangnya keasertifan pada remaja sehingga mengakibatkan semakin terasingkannya remaja dari pergaulan teman sekelasnya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana menngatasi perilaku terisolir remaja menggunakan konseling individu dengan teknik assertive training. Penulisan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan studi pustaka atau library research. Teknik trianggulasi adalah teknik pemeriksaan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain untuk keperluan pengecekan atau membandingkan data. Hasil penelitian wawancara terhadap guru Bimbingan Konseling bahwa perilaku terisolir remaja sebelum diberikan konseling behavior dengan teknik latihan asertif menunjukkan bahwa minat bersosial remaja terisolir tergolong sedang, kemampuan menyesuaikan diri, kepercayaan diri, respon saat kegiatan, kemampuan bertenggang rasa, kemampuan sportif serta perlakuan teman juga tergolong sedang. Sedangkan kategori tinggi hanya dicapai pada aspek penampilan. Namun setelah diberikannya konseling teknik asertif adapun pencapaian siswa terisolir yang meningkat, seperti siswa yang semula minat bersosialnya sedang meningkat menjadi tinggi, dan memiliki kemampuan bertenggang rasa yang sedang meningkat menjadi tinggi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JENFOL

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Pendidikan Non Formal mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di Indonesia. ...