JURNAL EDUKASI NONFORMAL
Vol 5 No 1 (2024): Jurnal Edukasi Nonformal

Analisis Dampak Penggunaan Gadget pada Interaksi Sosial Peserta Didik Kelas X di SMAIT Mahmudiyyah Cicurug

Siti Salma Fauziah (Unknown)
Dina Amalia (Unknown)
Rosalinda Rosalinda (Unknown)
Jalaluddin Jalaluddin (Unknown)
Ayu Rahma (Unknown)
Ahmad Yani (Unknown)
Komarudin Komarudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Penggunaan gadget di kalangan peserta didik telah meluas dalam beberapa tahun terakhir. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan gadget terhadap interaksi sosial peserta didik. Berdasarkan tinjauan Pustaka dan analisi data, penggunaan gadget memiliki dampak yang signitif terhadap kemampuan interaksi peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengunaan gadget yang berlebihan dapat mengurangi kesempatan siswa dalam berinteraksi dengan teman sebayanya, yang dapat mempengaruhi pada kemampuan mereka untuk berkomunikasi, bekerjasama, dan membangunhubungan sosial yang baik. Di sisi lain, pengunaan gadget yang terkendali dan terarah dapat memberikan manfaat Pendidikan dan mendukung pembelajaran kolaboratif. Artikel ini menunjukan bahwa pendidik dan orangtua berperang penting dalam memantau dan membimbing penggunaan gadget di kalangan peserta didik, sehingga dampak negative dapat diminimalisir dan potensi positif dpat dicapai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JENFOL

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Pendidikan Non Formal mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di Indonesia. ...