Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik ditinjau dari teori Van Hiele dan gaya kognitif Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI) SMAN 9 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan studi kasus. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive sampling. Adapun penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi, pemberian Group Embedded Figure Test (GEFT), pemberian Van Hiele Geometry Test (VHGT), pemberian tes dengan menggunakan soal pemecahan masalah, dan pelaksanaan wawancara. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah subjek dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) dengan tingkat berpikir Van Hiele level 0 dan subjek dengan gaya kognitif Field Independent (FI) level 1 memenuhi tahapan pertama indikator pemecahan masalah matematis yaitu memahami masalah, sedangkan subjek dengan gaya kognitif Field Independent (FI) dengan tingkat berpikir Van Hiele level 0 memenuhi dua tahapan pemecahan masalah matematis yaitu memahami masalah dan merencanakan penyelesaian.
Copyrights © 2024