Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia
Vol 4 No 2 (2024): JPMI - April 2024

Pelatihan Exspressive Art untuk Menurunkan Emosi Negatif pada Anak Yatim & Dhuafa Mizan Amanah Yogyakarta

Azis, Agung Putra (Unknown)
Dyasti Maharani, Eucalypta Shafira (Unknown)
Amalis, Fitri (Unknown)
Hidayah, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2024

Abstract

Program pelatihan seni ekspresif menjadi solusi efektif untuk mengatasi emosi negatif pada anak-anak di Asrama Yatim & Dhuafa Mizan Amanah Yogyakarta. Dengan fokus pada kelompok usia 6-12 tahun, metode kuantitatif digunakan untuk mengukur dampak program ini. Skala diberikan kepada 14 anak, dan hasilnya dievaluasi menggunakan uji Wilcoxon signed rank. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan antara tingkat emosi negatif sebelum (pretest) dan setelah (posttest) anak-anak mengikuti pelatihan seni ekspresif. Pelatihan ini berhasil memberikan outlet bagi mereka untuk mengekspresikan emosi negatif melalui karya seni, yang pada gilirannya menurunkan tingkat emosi negatif secara keseluruhan. Pelatihan seni ekspresif tidak hanya terbukti efektif, tetapi juga sangat membantu anak-anak yang mengalami kehilangan keluarga. Dengan menurunkan tingkat emosi negatif, program ini memberikan dampak positif pada kesejahteraan anak-anak, membantu mereka dalam mengatasi tantangan emosional sehari-hari. Dengan demikian, pelatihan seni ekspresif muncul sebagai pendekatan yang berdaya guna dan bermanfaat untuk menangani masalah emosi negatif pada anak-anak di lingkungan asrama ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. JPMI terbit dua bulan sekali, yaitu ...