RISDA: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam
Vol. 8 No. 2 (2023): Oktober

PENGARUH PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEAKTIFAN SHALAT SISWA DI MI. AN-NAHDHIYAH SURABAYA

Wahib, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2024

Abstract

Pengaruh Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam terhadap Keaktifan Shalat Siswa di MI. An-Nahdhiyah Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar pendidikan agama Islam terhadap keaktifan shalat siswa di MI. An-Nahdhiyah Surabaya dan sejauh mana pengaruhnya. Adapun data-data penelitian ini dihimpun dari MI. An-Nahdhiyah Surabaya yang merupakan objek penelitian, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, interview, kuisioner dan dokumentasi prestasi belajar pendidikan agama Islam terhadap keaktifan shalat siswa di MI. An-Nahdhiyah Surabaya.Berkenaan dengan itu dalam penelitian lapangan ini digunakan metode diskriptif kualitatif kuantitatif untuk memberikan penjelasan dan telaah dokumen kemudian data tersebut di analisis dengan pola pikir induktif, yaitu mengemukakan fakta dan data tentang Pengaruh Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam terhadap Keaktifan Shalat Siswa di MI. An-Nahdhiyah Surabaya, untuk mengetahui kesimpulannya dilakukan secara verifikatif yaitu dengan menilai antara hasil prestasi belajar pendidikan agama Islam dengan keaktifan shalat siswa dengan kuisioner dan kemudian di analisis apakah ada pengaruhnya dan sejauh mana pengaruh itu.Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hasil perhitungan dengan menggunakan rumus Product Moment dengan angka kasar yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh korelasi nilai r = 0,709 yang berarti menunjukkan ada pengaruh prestasi belajar pendidikan agama Islam terhadap keaktifan shalat siswa di MI. An-Nahdhiyah Surabaya.Pengaruh prestasi belajar pendidikan agama Islam terhadap keaktifan shalat siswa di MI. An-Nahdhiyah Surabaya dengan tingkat pengaruh hubungan yang cukup. Hal ini berdasarkan tabel interpretasi (keterangan nilai), nilai 0,709 terletak antara 0,600 sampai dengan 0,800 dan berada jauh di atas batas signifikansinya, yaitu 0,361Dengan demikian kesimpulan dalam penlitian ini menunjukkan bahwa ada Pengaruh prestasi belajar pendidikan agama Islam terhadap keaktifan shalat siswa di MI. An-Nahdhiyah Surabaya dengan tingkat pengaruh hubungan yang cukup.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

risda

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

This journal publishes articles in the form of learning and learning outcomes, and concepts in the context of Islamic education. Detailed scopes of articles accepted for submission to RISDA: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam are: Islamic Education Materials Educators and Students Learning ...