RISDA: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam
Vol. 9 No. 1 (2024): Artikel Vol.9 Tahun 2024

Analisis Kurikulum Pendidikan Agama Islam Tingkat Sekolah Menengah Pertama: Studi Nilai Pendidikan Pada Bentuk Imperatif Terjemahan Ayat Al Qur'an

Wahib, Nur (Unknown)
RONY (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2024

Abstract

Terjemahan Bahasa Al Quran atau yang disebut dengan bahasa agama memiliki karakteristik berbeda dengan bahasa lain, baik dari struktur maupun makna yang terkandung. Permasalahan-permasalahan yang didapat dalam ayat-ayat Al Quran dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama (SMP) khususnya yang terkait dengan hukum diduga banyak menggunakan bentuk imperatif. Penggunaan struktur imperatif yang berbeda mengakibatkan munculnya makna yang berbeda pula. Dan hubungannya dengan nilai pendidikan adalah setiap ayat Al Qur’an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW semuanya mengandung Nilai-nilai pendidikan, baik yang dituturkan secara langsung maupun tidak langsung dalam bentuk impratif. Berdasarkan penelitian tersebut, penelitian ini hendak mengungkapkan diskripsi Nilai Pendidikan pada Bentuk Imperatif Terjemahan Ayat-Ayat Al Quran dalam Kurikulum Agama Islam Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VIII..Untuk menjawab pertanyaan itu dilakukan penelitian dengan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data berupa tuturan imperatif diperoleh dari terjemahan Ayat-Ayat Al Quran dalam Kurikulum Agama Islam Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VIII. Dalam memperoleh data digunakan metode dokumentasi dengan rambu-rambu yang telah ditetapkan sebelumnya. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis isi dan analisis data model alir yang diadopsi dari Miles dan Hubermen, dengan langkah-langkah (a) Pengumpulan data, (b) reduksi data, (c) penyajian data, dan (d) Penyimpulan/verifikasi.Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa, bentuk imperatif terjemahan Ayat-Ayat Al Quran dalam Kurikulum Agama Islam Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VIII. terdapat nilai pendidikan. Selanjutnya, nilai pendidikan pada ayat-ayat tersebut terdiri dari Nilai Ubudiyah (Ibadah), Nilai Moralitas (Akhlakul Karimah), Nilai Nidhomiyah (Kedisplinan), Nilai Tauhid (Akidah), dan Nilai Kemasyarakatan (Tata Negara). Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan kepada para pendidik, khususnya Yang ada Hubungannya dengan terjemahan teks-teks atau naskah-naskah yang berbahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia. Hendaknya mereka lebih memperhatikan faktor-faktor yang melatarbelakangai munculnya suatu tuturan, karena hal tersebuat akan mempengaruhi makna yang terkandung sehinnga dalam penyampaian kepada anak didik tepat sesuai dengan pesan yang dituturkan ayat tersebut. Sedangkan bagi peneliti berikutnya disarankan dapat merancang penelitian baru. Diharapkan muncul penelitian replikasi, atau penelitian sejenis dengan mengambil objek lain, atau mengambil bentuk tuturan yang lain. Hal ini dimaksudkan agar bahasa agama yang memiliki karakteristik berbeda dengan bahasa yang lain dapat dielaborasi (penggarapan) secara maksimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

risda

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

This journal publishes articles in the form of learning and learning outcomes, and concepts in the context of Islamic education. Detailed scopes of articles accepted for submission to RISDA: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam are: Islamic Education Materials Educators and Students Learning ...