Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika
Vol. 3 No. 2 (2024): Februari

OPTIMASI PENGGUNAAN WHATSAPP BISNIS DALAM PENJUALAN PRODUK PADA UMKM BORNEO ISTIMEWA

Reza Maulana (Universitas Bina Sarana Informatika)
Mohammad Kamal Reza (Universitas Bina Sarana Informatika)
Deni Risdiansyah (Universitas Bina Sarana Informatika)
Mia Rosmiati (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2024

Abstract

Pengabdian masyarakat merupakan suatu wujud nyata dari tanggung jawab sosial perguruan tinggi untuk memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat. Melalui kegiatan ini, kami berupaya mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Borneo Istimewa agar mampu mengoptimalkan penggunaan WhatsApp Bisnis dalam strategi pemasaran dan penjualan produk mereka. UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian lokal, namun seringkali dihadapkan pada kendala terkait teknologi dan pemasaran. Dalam konteks ini, WhatsApp Bisnis menawarkan peluang besar sebagai alat komunikasi yang efektif dan efisien antara pelaku usaha dan konsumen. Dengan pemahaman yang tepat tentang fitur-fitur WhatsApp Bisnis, UMKM dapat meningkatkan visibilitas produk, memperluas jaringan pelanggan, dan meningkatkan penjualan secara signifikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPMJ

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika diterbitkan oleh Jotika English and Education Center Tangerang, Indonesia dengan e-ISSN 2807-2855, merupakan jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian dan pengabdian multi disiplin ilmu yang dilakukan oleh para akademisi dan praktisi. Jurnal ini ...