Pendidikan merupakan usaha sadar dalam mensejahterakan kehidupan manusia dalam skripsi ini penulis merumuskan maslah terkait dengan 1) Bagaimana peran kepemimpinan kepela sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Darunnjah 2 Cipining Bogor, 2) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini mengembangkan teori dari mulyasa terkait dengan kepala sekolah “Sebagai pemimpin harus mampu memberikan arahan dan pengawasan, meningkatkan kompetensi tenaga pendidik, membuka komunikasi dua arah, dan membagikan tugas sesuai dengan bagian dan bidang masing-masing”. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dirangkai dengan kata-kata dari hasil pengamatan dan wawancara. Triangulasi teknik dan triangulasi sumber menjadi pelengkap dari metode kualitatif ketika penulis terjun langsung ke lapangan dalam kegiatan penelitian. Dari hasil yang penulis dapatkan bahwasanya kepala sekolah SMP Darunnajah 2 Cipining Bogor telah memrankan peran nya sebagai seorang pemimpin. Disisi lain ada beberapa faktor yang menghambat dalam menngkatkan mutu pendidikan diantara nya seperti, terkendalanya tranpotasi, kesenjangan ekonomi, guru pengajar yang tidak memiliki kompetensi di bidangnya, kurang nya kolaborasi antar tenaga pengajar, kurang nya motivasi dalam diri pengajar, fasilitas belajar yang kurang mewadai dan belum meratanya teknologi. Namun ada juga dukungan dari pihak pemerintah daerah dan yayasan Darunnajah serta lingkungan yang mendukung progam-progam kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Darunnajah 2 Cipining Bogor.
Copyrights © 2024