JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran)
Vol. 10 No. 2 (2024): Jurnal Ilmiah Penjas

POLA RELASI MAHASISWA PEREMPUAN DENGAN DOSEN DAN MAHASISWA LAKI-LAKI DALAM DOMINASI MASKULIN

M. Fahri Arridho (Universitas Negeri Medan)
Mufti Abdilah (Universitas Negeri Medan)
Chrystian Rambe (Universitas Negeri Medan)
Angga Ardiansyah (Universitas Negeri Medan)
Nurkadri (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini melihat interaksi antara mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan dengan mahasiswa laki-laki. Teori Struktural Anthony Giddens digunakan dalam analisis penelitian ini. Selain itu, penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan desain penelitian deskriptif untuk lebih memahami cara mahasiswa perempuan berinteraksi dengan instruktur laki-laki dan sesama mahasiswa. Pengumpulan data berlangsung dengan wawancara mendalam digunakan dalam penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tampaknya terdapat pola yang seimbang dalam interaksi antara dosen perempuan dan mahasiswi selama perkuliahan. Meskipun demikian, pola hubungan yang timpang antara mahasiswi dengan dosen pembimbing nampaknya masih terjadi karena mahasiswa merasa terbebani dan terintimidasi selama proses pembimbingan skripsi. Sementara itu, terlihat adanya pola interaksi yang tidak merata antara siswa laki-laki dan perempuan saat belajar di kelas. Dapat dikatakan bahwa interaksi mahasiswa perempuan dengan mahasiswa dan dosen laki-laki dipengaruhi oleh faktor pemungkin dan penghambat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal penelitian, pendidikan dan pengajaran yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FKIP UTP ...