PPendidikan memegang peranan penting dalam membentuk kepribadian seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkarakterisasi kandungan nilai-nilai karakter. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif terpadu digunakan untuk merancang penelitian. Spesialis pendidikan olahraga menjadi subjek penelitian, dan mata kuliah yang menggunakan metode ini menjadi objek penelitian. Kepribadian peserta dibentuk oleh partisipasi mereka dalam olahraga, bukan oleh olahraga. Apalagi jika olahraga direduksi menjadi situasi menang-kalah yang bisa berujung pada kekerasan, kerusuhan, ketidakjujuran, dan tindakan asusila lainnya. memilih subjek penelitian menggunakan strategi dengan suatu tujuan. Panduan wawancara digunakan sebagai alat penelitian untuk mengetahui pemahaman dosen terhadap perkuliahan pendidikan karakter. Lembar observasi digunakan sebagai instrumen untuk menampilkan kompetensi pedagogi, prototipe nilai-nilai karakter, dan deskripsi isi perkuliahan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter dapat dibahas dalam perkuliahan yang menggunakan metodologi pendidikan olahraga. Perkuliahan berbasis pendidikan olahraga dapat menonjolkan prinsip-prinsip moral.
Copyrights © 2024