Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran tidak terbatas hanya pada saat pandemi Covid-19, tetapi juga pascapandemi. Kebiasaan belajar dengan penggunaan teknologi saat pandemi menjadi peluang yang harus disikapi bijaksana oleh pihak-pihak yang memiliki kepentingan sama. Saat ini, peserta didik tingkat sekolah menengah pertama merupakan generasi Z sehingga guru abad 21 harus menciptakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan preferensi mereka. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan gamifikasi Wordwall kepada guru Bahasa Indonesia SMP. Metode pelaksanaan terbagi atas dua tahap utama, yakni (1) perencanaan danĀ (2) pelaksanaan yang meliputi penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan. Pelatihan dan pendampingan gamifikasi Wordwall kepada guru Bahasa Indonesia SMP berjalan dengan lancar. Partisipasi guru dalam kegiatan pelatihan tampak dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Guru berhasil membuat Wordwall sesuai tujuan pembelajaran yang juga dapat dikaitkan dengan konteks kearifan lokal. Pada akhir kegiatan, guru dapat menyampaikan rencana aksi pemanfaatan Wordwall dalam pembelajaran di kelas, yaitu guru hendak mencoba templat labirin dan hendak memanfaatkan Wordwall pada pokok materi kata baku. Dari hasil pelatihan, guru dapat menggunakan Wordwall untuk pembelajaran Bahasa Indonesia.
Copyrights © 2023