Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian
Vol 4, No 1 (2024): March

Implementasi Supervisi Kelas Bersahabat dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Guru di Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Gorontalo

Halik S. Maranting (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2024

Abstract

Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Supervisi Kelas baik yang dilakukan oleh pengawas maupun yang dilakukan Kepala Madrasah. Supervisi Kelas Bersahabat dapat dikatakan sebagai serangkaian kegiatan yang membantu Guru mengembangkan kemampuannya dalam mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan Pembelajaran sehingga mutu pembelajaran guru yang diharapkan dapat tercapai. Menyusun Perencanaan Program Supervisi Kelas diawal tahun dan menyusun jadwal supervisi dan team supervisor, memberikan Tindak lanjut yang dilakukan setiap rapat rutin, Memberikan Pemahaman kepada setiap Guru terkait proses Pembelajaran. Dampak dari kegiatan supervisi Kelas bersahabat berpengaruh terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, Mulai dari kedisiplinan, kelengkapan perangkat pembelajaran, metode yang digunakan, penggunaan media sampai kepada cara penilaian peserta didik, sehingga Kegiatan supervisi yang dilaksanakan mampu meningkatkan Mutu Pembelajaran guru bahkan mampu meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dikmas

Publisher

Subject

Education

Description

Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian is a journal managed by Master Program in Nonformal Education Post Graduate Program Gorontalo State University. This journal contains articles of community service with the scope of Training and Marketing that are utilized for community ...