Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Supervisi Kelas baik yang dilakukan oleh pengawas maupun yang dilakukan Kepala Madrasah. Supervisi Kelas Bersahabat dapat dikatakan sebagai serangkaian kegiatan yang membantu Guru mengembangkan kemampuannya dalam mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan Pembelajaran sehingga mutu pembelajaran guru yang diharapkan dapat tercapai. Menyusun Perencanaan Program Supervisi Kelas diawal tahun dan menyusun jadwal supervisi dan team supervisor, memberikan Tindak lanjut yang dilakukan setiap rapat rutin, Memberikan Pemahaman kepada setiap Guru terkait proses Pembelajaran. Dampak dari kegiatan supervisi Kelas bersahabat berpengaruh terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, Mulai dari kedisiplinan, kelengkapan perangkat pembelajaran, metode yang digunakan, penggunaan media sampai kepada cara penilaian peserta didik, sehingga Kegiatan supervisi yang dilaksanakan mampu meningkatkan Mutu Pembelajaran guru bahkan mampu meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah.
Copyrights © 2024