Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika bangun datar dengan menggunakan media quizizz, Kedua bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan quizizz untuk meningkatkan hasil prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika di SDN Sarirejo Semarang Observasi awal menunjukkan bahwa pada siklus 1 kurang menarik bagi peserta didik, sehingga siswa berbicara sendiri dan tidak fokus selama pelajaran dikelas. Media pembelajaran Quizizz memiliki potensi sebagai alat yang efektif dan cocok untuk peserta didik generasi abad 21. Penggunaan media edukasi berbasis web seperti Quizizz dapat membuat pelajaran matematika lebih menarik dan meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Sarirejo Semarang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SDN Sarirejo Semarang pada semester 2 Tahun ajaran 2024/2025 dengan sasaran penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 27 siswa. Data yang dinalisis meliputi kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data mencakup kegiatan Observasi dan penilaian tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentasi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus 1 70% dan meningkat menjadi 89% pada siklus II. Dari data tersebut dismpulkan bahwa penggunaan media belajar quizizz secara signifikan dapat meningkatkan partisipasi peserta didik dan hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD Negeri Sarirejo Semarang. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Bangun Datar, Media Quizizz
Copyrights © 2024