Jurnal Bina Desa
Vol 6, No 1 (2024): Februari

Pendampingan Digital Marketing dan Strategi Branding Produk Shibori Sidomaju Desa Kenteng dalam Rangka Perluasan Pangsa Pasar

Susilowati, Nurdian (Unknown)
Khoir, Harlinda Sekar (Unknown)
Rizqiyah, Fadlilatul (Unknown)
Syafiyah, Attiya (Unknown)
Aditama, Muhammad Vito (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2024

Abstract

Perkembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) berkembang pesat seiring dengan berkembangnya industri. Konsep pemasaran dalam segala bidang bisnis sudah mulai menggunakan digitalisasi. Tujuan dari pengabdian ini yaitu Tim UNNES Giat 5 Desa Kenteng memberi alternatif solusi atas masalah pemasaran bisnis Shibori Sidomaju yang dikelola kelompok lansia yang masih gagap teknologi. Sehingga hal tersebut menghambat perluasan konsumen produk shibori sidomaju. Pengabdian ini menggunakan metode observasi langsung dengan metode pelaksanaan pendampingan ke lokasi pengabdian dusun Karanglo RT 4 RW 1 Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang dengan dua cara yaitu: (1) Pendampingan dan pelatihan digital marketing. (2) Pendampingan branding produk shibori.  Hasil dari progam kerja tim  diterima kelompok lansia shibori sidomaju dengan baik. Serta pembuatan akun Instagram dan e-commerce dari shibori sidomaju mampu dikelola seacra mandiri pada angota muda (pra lansia). Kemudian pendampingan branding produk juga sudah diimplementasikan berdampak pada keberlangsungan bisnis shibori sidomaju mendunia melalui digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalbinadesa

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Bina Desa memuat hasil pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian seperti Pengembangan Masyarakat (Community Development), Pembelajaran Layanan (Service Learning), PAR (Participatory Action Research), ABCD (Asset Based Community Development), CBR (Community-Based Research), dan ...