PEJ (PRIMARY EDUCATION JOURNAL)
Vol. 8 No. 1 (2024): 2024.1

PENGARUH METODE SQ3R ( SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW ) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM JELUTUNG

Tika Sari (Uinversitas Islam Negeri Jambi)
Hendri gunawan (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
M.Syahran Jailani (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Metode SQ3R (Survey,Question,Read, Recite,Review) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Jelutung. Dilatarbelakangi Rendahnya kemampuan membaca pemahaman tampak ketika siswa menjawab pertanyaan dan menentukan kalimat utama dalam paragraf siswa masih kesulitan, begitupun ketika menceritakan atau meringkas isi bacaan siswa tidak mampu dan lebih banyak diam. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi eksperimental – Non-equivalent control group design. Tekhnik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan tekhnik puposive sampling, populasi pada penelitian ini berjumlah 144 siswa dan sampel berjumlah 28 siswa kelas eksperimen dan 28 siswa kelas kontrol . Instumen yang digunakan adalah Observasi dan tes, Tes beupa soal objektif terdiri dari 20 soal ,observasi digunakan untuk melihat tingkat pemahaman membaca siswa,. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji-t Paired Sample T-test membaca pemahaman siswa dilihat pada tabel Paired Samples Statistics bahwa sig membaca pemahaman pada kelas kontrol 0,006< 0,05, sedangkan pada kelas kelas eksperimen 0,000<0,05, maka artinya secara deskriptif nilai probabilitas atau signifikansi 2-tailed yaitu 0,05 0,000 maka Ho ditolak dan Ha diterima . Kemudian dapat dilihat pada tabel Paired Sample T-test dikelas bahwa diperoleh nilai thitung = -5,776 untuk ttabel dengan taraf signifikansi 1,701. Sedangakan pada kelas eksperimen thitung ttabel atau -5,776 1,701 dan pada kelas kontrol thitung ttabel atau -3,014 1,701 artinya Ha di terima dan Ho di tolak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

PEJ (Primary Education Jurnal): Jurnal Program Studi PGMI berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan di Madrasah atau Sekolah, inovasi-inovasi pendidikan, dan pemikiran pendidikan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman ...