Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 6 No. 1 (2023): Vol. 6. No 1 (2023) : Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PADA ANAK USIA DINI: indonesia

homsani Nasution Homsa (UIN Sunan Kalijaga)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menjadikan penggunaan metode demonstrasi dalam pendidikan kewirausahaan anak usia dini. Anak-anak berpartisipasi dalam simulasi yang terhubung dengan konteks wirausaha sebagai bagian dari metode demonstrasi, yang merupakan strategi pembelajaran. Sekelompok anak kecil yang berpartisipasi dalam latihan yang dibuat untuk membantu mereka memahami prinsip-prinsip kewirausahaan digunakan dalam penelitian ini. Sebuah penelitian kualitatif dipilih sebagai metodologi penelitian, yang memerlukan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa menggunakan metode demonstrasi untuk mengajarkan kewirausahaan kepada anak-anak memiliki sejumlah keuntungan. Pertama, melalui pengalaman langsung dalam membuat kreatifitas, pendekatan ini mendorong imajinasi dan kreativitas anak-anak dalam menghasilkan konsep bisnis dan solusi orisinal untuk tantangan saat ini. demonstrasi langsung memungkinkan anak-anak belajar melalui kolaborasi teman sebaya dan keterlibatan sosial, yang mendorong pertumbuhan keterampilan komunikasi. Berbagai program kewirausahaan salah satunyang tersedia seperti cooking class, mengkreasikan/mengola bahan bekas

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pernik

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini embodies original research or scientific articles from laboratory or field experiments and also theoretical as well as collaborative research in pure of early chilhood ...