Tingkat ketrampilan komunikasi sains saat ini masih rendah sehingga dibutuhkan solusi, salah satunya yakni dengan mengembangkan LKPD berbasis Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektivan LKPD berbasis Think Pair Share untuk meningkatkan keterampilan komunikasi sains siswa . Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan proses wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu: lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan, tes, serta angket respon siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu LKPD berbasis Think Pair Share valid berdasarkan rata-rata persentase validasi yaitu 92,33. Praktis digunakan berdasarkan hasil rata-rata keterlaksanaan yaitu 90,56%. Efektif berdasarkan analisis hasil N-gain yaitu 0,74 dan berdasarkan rata-rata hasil respon siswa sebesar 86,27. Disimpulkan bahwa LKPD berbasis Think Pair Share valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi sains.
Copyrights © 2024