Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar berbasis power point cepat pada materi IPS, kelayakan bahan ajar berbasis power point cepat, respon siswa terhadap bahan ajar berbasis power point cepat, pemahaman siswa SD kelas IV yang pembelajarannya menggunakan bahan ajar berbasis power point cepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan R&D oleh Borg and Gall. Data yang dikumpulkan menggunakan catatan lapangan, lembar validasi, angket respon siswa dan tes tulis. Proses pengembangan bahan ajar berbasis power point cepat menggunakan pendekatan problem based learning ini dilakukan dengan 8 tahap yaitu: 1) pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) validasi produk. 4) Uji coba terbatas, 5) revisi produk jika ada yang kurang dari bahan ajar, 6) uji coba luas, 7) revisi produk akhir, 8) final produk. Hasil validasi ahli bahan ajar menunjukan presentase 89% yang artinya sangat baik dan hasil validasi ahli materi menunjukan presentase 92% yang arinya sangat baik juga. Hasil penelitian peningkatan pemahaman siswa menunjukkan adanya perbedaan rata-rata yang signifikan baik pada saat uji coba terbatas maupun luas yaitu ∠0,05 dengan memperoleh hasil 0,00. Begitu juga dengan peningkatan pemahaman siswa pada saat uji coba terbatas dan luas memperoleh hasil rata-rata 0,70 hasil tersebut termasuk ke dalam kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis power point cepat dengan menggunakan pendekatan problem based learning ini dapat meningkatan kemampuan pemahaman siswa.
Copyrights © 2023