COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol. 6 No. 6 (2023)

Meningkatkan hasil belajar matematika materi sudut pada siswa kelas IV menggunakan model problem based learning berbantuan media jam sudut

Mauidhotul Hasanah (SDN SEPANJANG JAYA 1 BEKASI)
Sylvia Rabbani (PGSD IKIP SILIWANGI)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar  siswa kelas 4 sekolah dasar. Oleh karena itu, diperlukan suatu model dan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan pemahaman materi jenis sudut. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran Matematika jenis sudut pada siswa kelas 4 SD dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan jam sudut. Penelitian ini menggunakan merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SD Kelas 4 di SDN Sepanjang Jaya 1 Kota Bekasi yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Adapun instrumen pada penelitian ini Lembar observasi digunakan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Matematika materi jenis sudut menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media jam sudut. Dari penelitian yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan Media jam sudut dapat meningkatkan hasil belajar siswa pembelajaran Matematika materi jenis sudut pada siswa kelas 4 sekolah dasar. Selain itu, siswa belajar lebih bermakna, membuat siswa belajar untuk lebih memahami materi jenis sudut berdasarkan hasil pengalaman belajarnya, menyenangkan, aktif serta bersemangat..

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...