Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan pada penggunaan model Picture and Picture dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita siswa kelas 2 SD serta kesulitan siswa dan guru dalam penggunaan model Picture and Picture untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix methode dengan desain sequential explanatory. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas 2 Al-Hidayah yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes (pretest dan posttest), angket, observasi aktivitas siswa dan guru, dan wawancara. Hasil dari data kuantitatif yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis cerita pada siswa dengan nilai rata-rata awal 49,25 menjadi 78,25. Adapun hasil dari data kualitatif diperoleh berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan terdapat beberapa kegiatan yang mengikuti hanya 51%-75% siswa dan berdasarkan hasil wawancara terdapat kesulitan guru yaitu memusatkan perhatian siswa ketika kondisi kelas kurang kondusif, namun kesulitan siswa dan guru tersebut dapat teratasi dengan baik. Maka berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pada siswa kelas 2 SD dan tidak terdapat kesulitan siswa dan guru yang signifikan karena dapat teratasi dengan baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024