COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol. 7 No. 2 (2024)

Pengaruh Media Pembelajaran Dongeng Berbasis Aplikasi Terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Peserta Didik

Delia Marwah Azizah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dian Indrihadi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Erwin Rahayu Saputra (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena Covid-19. Dimana hampir seluruh aspek kehidupan terganggu, salah satunya dalam aspek pendidikan. Semua sarana pendidikan harus melakukan pembelajaran dari rumah atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pembelajaran jarak jauh dilakukan dengan berbatuan media berbasis teknologi seperti laptop dan handphone. Dimana dalam media tersebut dapat mengakses sebuah ruang belajar seperti zoom, google meet, google classroom, dan sebagainya. Namun, dalam penggunaan ruang belajar online tersebut peserta didik maupun pendidik masih belum terbiasa. Karena biasanya dalam proses pembelajaran tidak menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Sehingga dengan adanya peristiwa tersebut menjadi titik balik pentingnya dalam menguasai teknologi. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki peserta didik yakni keterampilan menulis. Dimana dengan menulis, peserta didik dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis (salah satu keterampilan yang harus dimiliki pada abad ke-21). Selain itu, penelitian ini juga dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis pada peserta didik, dikarenakan keterbatasan media pembelajaran yang kurang menarik. Maka dari itu, tujuan yang ingin didapatkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran dongeng berbasis aplikasi sebagai salah satu media pembelajaran berbasis teknologi terhadap keterampilan menulis teks fabel peserta didik.  Metode yang digunakan adalan kuantitaif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...