COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol. 6 No. 6 (2023)

Pengembangan LKPD (edukasi nilai pancasila) berbasis addie untuk meningkatkan pemahaman materi pancasila sebagai nilai kehidupan Siswa SD

Feri Tirtoni (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Abstrak. Pancasila merupakan dasar kehidupan manusia yang artinya segala kegiatan, dan tindakan yangdilakukan oleh masyarakat Indonesia harus bisa mencerminkan nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Teknologi yang semakin berkembang pada kenyataannya tidak hanya memberikan efekbaik tetapi juga memberikan efek buruk seperti munculnya kelompok gangster, maraknya penipuanyang memanfaatkan kemajuan teknologi, dan lain sebagainya. Melihat berbagai fenomena tersebutmaka sudah menjadi sangat penting jika praktik baik nilai pancasila ditanamkan sejak anak disekolah dasar. Upaya yang dapat dilakukan untuk menanamnkan nilai baik pancasila kepada siswasekolah dasar adalah dengan menerapkan perangkat pembelajaran berbasis pancasila salah satunyaadalah LKPD edukasi pancasila. Pengembangan LKPD menerapkan model pengembangan ADDIE(Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap Analysis untuk menganalisiskebutuhan, tahap Design untuk membuat kerangka LKPD, tahap Development untukpengembangan media berbantuan LiveWorksheets, tahap implementation untuk uji coba produkkepada peserta didik. tahap evaluasi untuk menghitung hasil respon siswa dan guru terhadap media.Hasil yang didapatkan adalah LKPD Edukasi Nilai Pancasila mendapatkan nilai 95% dari hasilvalidasi dan survey pengguna yang artinya LKPD dapat menumbuhkan motivasi, keaktifan, danpemahaman siswa terhadap materi Pancasila.Kata Kunci: Pancasila; LKPD; Pengembangan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...