Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan problem solving siswa melalui soal – soal pada materi tekanan zat cair. Metodologi deskriptif kuantitatif adalah pendekatan penelitian yang digunakan. metode deskriptif kuantitatif. Partisipan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-A SMP Labschool Unesa 2. Sebanyak sepuluh soal pilihan ganda pada lembar tes yang mengukur kemampuan problem solving pada materi tekanan zat cair digunakan sebagai instrumen. Siswa diberikan lembar tes sebagai salah satu pendekatan pengumpulan data. Proses analisis data dilakukan dengan menghitung proporsi indikator keterampilan problem solving yang kemudian dikategorikan. Hasil dari penelitian ini adalah keterampilan problem solving siswa pada empat indikator menurut Polya (1973) tergolong pada kategori kurang dengan persentase indikator memahami masalah 33%, develop a plan 53%, carry out the solution 28%, dan memeriksa kembali hasil 53%. Upaya untuk meningkatkan keterampilan problem solving siswa dapat dilakukan dengan meperhatikan faktor internal dan eksternal. Faktor internal terkait dengan keterampilan kognisi siswa, sedangkan faktor eksternal terkait strategi pembelajaran. Salah satu solusi yang dapat dilakukan seorang guru yakni dengan pemilihan model pembelajaran yang tepat.
Copyrights © 2024