ROSYADA: Islamic Guidance and Counseling
Vol. 5 No. 1 (2024): Rosyada: Islamic Guidance and Counseling

POLA PEMBELAJARAN MAHASISWA DIFABEL NETRA DALAM MENEMPUH PENDIDIKAN DI KELAS INKLUSI

Irmayanti (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Nurus Sa'adah (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Kelas inklusi menyajikan peluang terbaik bagi mahasiswa difabel untuk mengakses pendidikan tanpa hambatan. Dalam lingkungan inklusi, mereka dapat mengikuti proses pendidikan bersama teman-teman non-difabel, menciptakan kesempatan untuk integrasi. Konsep kelas inklusi mencerminkan perubahan dalam budaya manusia yang mengakui bahwa setiap individu memiliki hak dan peluang yang sama dalam mendapatkan pendidikan. Penelitian ini dilakukan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, melibatkan wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pola pembelajaran yang diterapkan di kelas inklusi serta bagaimana mahasiswa difabel netra belajar di rumah untuk mendukung proses pendidikan tinggi mereka. Temuan penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa difabel netra di kelas inklusi UIN Sunan Kalijaga mengadopsi pola pembelajaran yang adaptif di kelas dan di rumah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

rosyada

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

"Rosyada: Islamic Guidance and Counseling" is a journal published by the FUAD IAIN Ponorogo. This journal is published twice a year in June and December. "Rosyada: Islamic Guidance and Counseling" accept research results related to 1. Counseling 2. Parenting 3. Psychotherapy 4. Islamic ...