G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol. 8 No. 3 (2024): Agustus 2024. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Pengaruh Penyesuaian Diri Terhadap Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Rantau

Ari Prasetyoaji (Universitas Teknologi Yogyakarta)
Umar Zaky (Universitas Teknologi Yogyakarta)
Tati Indriani (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Godean)
Rizka Amanah (Universitas Teknologi Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 May 2024

Abstract

Proses penyesuaian diri sangat penting, khusunya bagi mahasiswa rantau yang baru mengenal lingkungan baru. Ketidakmampuan dalam menyesuaian diri dengan baik dilingkungan baru berpengaruh pada motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyesuaian diri terhadap motivasi belajar pada mahasiswa rantau di Universitas Teknologi Yogyakarta. Metode penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan populasi seluruh mahasiswa rantau di Universitas Teknologi Yogyakarta dengan sampel sebanyak 126 mahasiswa rantau, dengan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu skala penyesuaian diri dan skala motivasi belajar. Analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung > t tabel (13,218 > 1,979). Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan penyesuaian diri terhadap motivasi belajar pada mahasiswa rantau di Universita Teknologi Yogyakarta. Kata kunci: penyesuaian diri, motivasi belajar, mahasiswa rantau

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk ...