Jurnal Ilmiah KORPUS
Vol 8 No 1: April 2024

Perbedaan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Berbasis Merdeka Belajar antara Mahasiswa yang Belajar dengan Metode Diskusi Kelompok dan Metode Pemberian Tugas

Susetyo (Unknown)
Primasari Wahyuni (Unknown)
Fitri Jamilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia sebagai mata kuliah wajib kurikulum (MKWK) di perguruan tinggi antara mahasiswa yang belajar dengan menggunakan metode diskusi kelompok dan metode pemberian tugas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode perbandingan.  Sampel penelitian adalah sampel total, yaitu semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika  yang mengambil  Mata Kuliah Bahasa Indonesia MKWK  sebanyak 20 orang dan semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoneasia yang mengambil  Mata Kuliah Bahasa Indonesia MKWK sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan instrumen yang digunakan adalah soal-soal yang mencakup bahan kajian Bahasa Indonesia MKWK. Teknik analisis data menggunakan rumus perbandingan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia MKWK berbasis merdeka belajar pada  mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang belajar dengan metode diskusi kelompok sebesar 85,40, tergolong sangat baik  dan nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia MKWK berbasis merdeka belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang belajar dengan ketode pemberian tugas  sebesar 68,43, tergolong cukup. Berdasarkan uji T-Test dapat disimpulkan bahwa  terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar  Bahasa Indonesia MKWK berbasis merdeka belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang belajar dengan metode diskusi kelompok  dan  hasil belajar Bahasa Indonesia berbasis Merdeka belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang belajar dengan metode pembelian tugas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

korpus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmiah KORPUS merupakan jurnal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNIB. Jurnal ini memuat dan menyebarluaskan hasil kajian ilmiah dan hasil-hasil penelitian mahasiswa dan dosen yang terpilih tentang bahasa, sastra, dan pengajarannya. KORPUS terbit tiga kali dalam setahun, yaitu ...