Taqwa adalah salah satu bentuk ketaatan yang tinggi dengan diawali dengan rasa tkut untuk kelakukan kesalahan dan mengingkari perintah Tuhan. Untuk meraih derajat ketaqwaan yang tinggi, seseorang harus melakukan pendekatan yang kontinu terhadap sang Khalik, melalui kepatuhan terhadap segala perintah dan menjauhi segala larangannya sehingga terjalin hubungan yang harmonis antara manusia dan Tuhannya. Hubungan harmonis secara vertical ini tentu akan berpengaruh pada hubungan horizontal atau sesama manusia. Namun, untuk merealisasikan hubungan harmonis yang vertical (taqwa) dan horizontal ini membutuhkan pelatihan yang dapat dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan. Disisi lain, tasawuf adalah salah satu cara yang dilakukan oleh ulama salaf untuk meraih derajat tertinggi ketaqwaan yang dilakukan melalui beberapa tahapan yang disebut sebagai maqamat dan ahwal. Dengan demikian rasanya perlu untuk merealisasikan tujuan pendidikan Islam melalui pengajaran yang menerapkan nilai-nilai tasawuf, sehingga tujuan pendidikan dalam mewujudkan insan kamil dapat direalisasikan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mewujudkan pembelajaran yang ideal dalam merealisasikan tujuan pendidikan Islam melalui penerapan nilai-nilai tasawuf dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan dengan memanfaatkan sumber perpustatakaan sebagai data penelitian yang kemudian dianalisis untuk melahirkan sebuah penelitian yang diinginkan.
Copyrights © 2024