Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Negeri 5 Padang. Pendekatan yang digunakan dalam Penelitian adalah menggunakan pendekatan Kuantitatif karena tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif karena hanya mengukur variabel yang ada dan tidak memanipulasi vriabel tersebut. Populasi dan sampel yang ada pada penelitian ini adalah sejumlah 57 siswa program keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Negeri 5 Padang. Variabel yang diteliti adalah Kompetensi guru dan Fasilitas belajar sebagai variabel bebas dan Hasil belajar sebagai variabel terikat, data diperoleh dari angket dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat terdapat pengaruh langsung secara positif antara kompetensi guru dan Fasilitas belajar terhadap hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan siswa di SMK Negeri 5 Padang, dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,237 menunjukkan bahwa pengaruh kompetensi guru dan fasilitas belajar secara bersam-sama berpengaruh terhadap hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan sebesar 23,7%.
Copyrights © 2024