Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 di SMAN 7 Padang. Dimana terdapat masalah yang terjadi pada saat pembelajaran daring tersebut, sehingga terjadinya penurunan hasil belajar siswa. Jenis Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran IPS kelas XI IPS 1, siswa dan orang tua siswa. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan analisa data deskriptif kualitatif model interaksi dari Milles dan Michael Huberman yang terdiri dari : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa : 1) faktor afektif yaitu tidaksiapan siswa yang tiba-tiba belajar dirumah melalui handphone dengan media aplikasi Whatsapp, zoom, google meet dan google classroom. 2) faktor afektif yaitu urang disiplinnya siswa dalam mengerjakan tugas karena belajar dirumah bisa dikatakan kalau mereka belum siap sehingga siswa cenderung merasa jenuh dan kelelahan dalam manajemen waktu belajar. 3) faktor psikomotorik yaitu kendala jaringan internet yang sering terganggu menghambatnya proses pembelajaran daring.
Copyrights © 2023