Aulad : Journal on Early Childhood
Vol. 6 No. 3 (2023): September-December 2023

Implementasi Behaviorisme dan Humanisme dalam Proses Pembelajaran

Makhsura, Suri (Unknown)
Agustin, Rini (Unknown)
Rifma (Unknown)
Jasrial (Unknown)
Syahril (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Proses mendidik seorang anak harus memperhatikan teori yang tepat agar anak dapat menyerap dan menerima pelajaran, serta dapat mengaplikasikannya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teori belajar behaviorisme dan humanisme dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan format wawancara. Teori behaviorisme dan humanisme perlu diterapkan dalam proses pembelajaran, karena tujuannya ialah menjadi seorang yang lebih manusiawi dengan harapan agar bisa menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar, mampu memahami diri sendiri untuk mampu meraih aktualisasi diri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi teori belajar behaviorisme pada proses pembelajaran dibuktikan dengan beberapa fakta yaitu, guru memberikan stimulus kepada siswa dalam pembelajaran, dan siswa meresponnya secara positif, dan juga didukung dengan adanya reward yang berfungsi sebagai penguatan terhadap respon yang telah ditunjukkan oleh siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...