Aulad : Journal on Early Childhood
Vol. 7 No. 1 (2024): Janaury-April 2024

Pengembangan Media Pembelajaran “Ular Tangga Khatulistiwa” Mengenalkan Budaya Khas Kalimantan Barat

Yuniarni, Desni (Unknown)
Solichah , Novia (Unknown)
Satwika, Pratista Arya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Minimnya media pembelajaran yang dapat mengenalkan kearifan lokal budaya daerah Kalimantan Barat kepada anak usia dini, merupakan fenomena yang ada belakangan ini. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk “Ular Tangga Khatulistiwa” untuk pengenalan budaya khas Kalimantan Barat kepada anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Subjek penelitian adalah guru PAUD X Pontianak. Sumber data penelitian adalah dosen PAUD untuk mendapatkan data validasi ahli materi dan guru PAUD untuk mendapatkan data validasi ahli media, dengan menggunakan metode wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran berbentuk “Ular Tangga Khatulistiwa” berbasis budaya khas Kalimantan Barat ini layak digunakan untuk mengenalkan budaya kepada anak usia dini. Implikasi hasil penelitian ini adalah memberikan wawasan adanya media pembelajaran yang bisa digunakan untuk anak usia dini berbentuk Ular Tangga Khatulistiwa” dalam mengenalkan budaya khas Kalimantan Barat

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...