Aulad : Journal on Early Childhood
Vol. 7 No. 2 (2024): May-Agustus 2024

Analisis Pembelajaran STEAM Menggunakan Loose Parts Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 4-5 Tahun

Muawanah, Siti Risalatul (Unknown)
Harjani, Haryanti Jaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi pembelajaran berbasis STEAM menggunakan media loose parts dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak usia 4-5 tahun di RA Mutiara Bunda. Subyek pada penelitian ini berjumlah 19 anak kelas A di RA Mutiara Bunda Desa Tegal Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data yang dilakukan di lapangan melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa melalui pembelajaran berbasis STEAM maka anak usia 4-5 tahun mengalami peningkatan berpikir kritis dan anak mampu memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...