Aulad : Journal on Early Childhood
Vol. 7 No. 2 (2024): May-Agustus 2024

Pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Kegiatan Ecoprint terhadap Kreativitas Seni dan Kemandirian Anak

Aslamiyah, Aslamiyah (Unknown)
Fitri, Ruqoyyah (Unknown)
Hasibuan, Rachma (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pengaruh Contextual Teaching and Learning pada Kegiatan Ecoprint terhadap kemampuan kreativitas seni dan kemandirian anak usia 5-6 tahun. dilakukan karena rendahnya kemampuan kreativitas seni dan kemandirian anak usia 5-6 tahun. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu (quasi-experimental), dengan desain nonrandomized pretest-posttest control group design. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan ecoprint memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap kemampuan kreativitas seni dan kemandirian anak usia 5-6 tahun. Hal ini terlihat dari uji statistik non-parametriks dengan uji Mann-Whitney U test  yang menunjukkan nilai Sig. sebesar 0.017 yang merupakan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Penerapan ecoprint memiliki pengaruh  terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun. Hal ini terlihat dari hasil uji yang menunjukkan nilai Sig. sebesar 0.001 yang merupakan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...