Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pengaruh Contextual Teaching and Learning pada Kegiatan Ecoprint terhadap kemampuan kreativitas seni dan kemandirian anak usia 5-6 tahun. dilakukan karena rendahnya kemampuan kreativitas seni dan kemandirian anak usia 5-6 tahun. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu (quasi-experimental), dengan desain nonrandomized pretest-posttest control group design. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan ecoprint memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap kemampuan kreativitas seni dan kemandirian anak usia 5-6 tahun. Hal ini terlihat dari uji statistik non-parametriks dengan uji Mann-Whitney U test yang menunjukkan nilai Sig. sebesar 0.017 yang merupakan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Penerapan ecoprint memiliki pengaruh terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun. Hal ini terlihat dari hasil uji yang menunjukkan nilai Sig. sebesar 0.001 yang merupakan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05
Copyrights © 2024