Aulad : Journal on Early Childhood
Vol. 7 No. 2 (2024): May-Agustus 2024

Peran Media Wayang dalam Meningkatkan Keterampilan Bercerita dan Pemahaman Pancasila pada Anak Imigran Usia Dini di Malaysia

Komalasari, Dewi (Unknown)
Reza, Muhammad (Unknown)
Setyowati, Sri (Unknown)
Khotimah, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2024

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya penerapan nilai-nilai Pancasila pada anak-anak imigran Indonesia yang berada di lingkungan budaya asing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media cerita wayang dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen (Pre-Eksperimental one group pretest-posttest). Subjek penelitian terdiri dari 16 anak yang diamati melalui teknik observasi, dengan fokus pada kemampuan mereka dalam menceritakan kembali dan memahami konsep-konsep dalam cerita. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan inferensia, dengan uji Wilcoxon yang menunjukkan nilai Sig sebesar 0.001, lebih kecil dari 0.05, menandakan Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media cerita wayang secara signifikan meningkatkan pemahaman anak terhadap nilai-nilai Pancasila. Kesimpulan penelitian ini, media wayang efektif dalam pembelajaran nilai-nilai Pancasila pada anak usia dini, terutama dalam konteks anak imigran di lingkungan asing, karena mampu memunculkan ketertarikan dan antusiasme mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...