Pengoperasian Speed boat merupakan hal penting untuk diperhatikan karena apabila kapal memiliki trim pada forude number (Fn) yang besar, maka kapal tersebut mengalami trim buritan sehingga menghalangi pandagan nahkoda, ini merupakan suatu kondisi yang sangat kritis atau mudah megalami kecelakaan. Penelitian yang dilakukan oleh de Fretes (2020) dan Ari (2021) menempatkan Fin atau winglet buritan di bagian belakang kapal, sedangkan posisi tersebut sangat berpengaruh pada pengoperasian mesin dimana olah gerak mesin dibatasi oleh kedudukan Fin tersebut. Salah satu solusi adalah menggantikan Fin oleh Flap yang letaknya di depan mesin outboard dari speed boat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengtahui berapa besar pengaruh pemasangan Flap buritan speed boat di depan mesin terhadap sudut trim yang ideal pasca pemasangan Flap pada buritan kapal dengan kecepatan kapal yang berbeda. Untuk menganalisis melakukan pengujian model kapal di laboratorium towing tank dengan cara membandingkan model kapal sebelum menggunakan Flap dan sesudah penggunaan Flap di mana variasi sudut Flap 0°-16°. Hasil yang diperoleh dari sembilan variasi sudut yaitu (0, 2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, dan 16) terhadap 5 variasi fn kapal menampilkan bahwa ketika Fn <0.6 trim yang terjadi pada kapal tidak terlalu besar dan pada sudut 12 derajat adalah sudut yang mampu membuat kapal berada diposisi even kell, sebaliknya di Fn >0.5 sudut trim buritan yang menentukan posisi even kell berada di 8 derajat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023