Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Vol 7, No 1 (2023): Vol 7, No 1, Juni 2023

DAMPAK PEMBELAJARAN FLIPPED LEARNING PADA MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA MATERI KEBUGARAN JASMANI

Zainur Rohman (Universitas Negeri Malang)
Sapto Adi (Universitas Negeri Malang)
Supriyadi Supriyadi (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
12 May 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah ada pengaruh penerapan pembelajaran flipped learning untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan bentuk penelitian eksperimental semu dengan model The Nonrandomized Control Group Pretest Posttes Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 10 Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata skor hasil belajar siswa kelompok eksperimen pretest dan postest menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran flipped learning terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji beda rata-rata tingkat motivasi dan hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,026 <  0,05 untuk tingkat motivasi dan 0,004 < 0,05 untuk hasil belajar, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat motivasi dan hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model flipped learning terdapat pengaruh yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gpji

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Physical Education Arena is published by Department of Sports Science, Faculty of Sports Science State University of Malang (UM). The Indonesian Physical Education Arena is published twice a year in April and October containing articles of research and thought results in the field of ...