Mengembangkan alat instrumen evaluasi pada proses melalui materi Senam Lantai. Metode yang akan digunakan adalah analisis pengembangan/Research and Development (R&D). Subjek yang diambil pada penelitian ini senam lantai oleh siswa siswi Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Dari kelompok kecil Sebanyak 33 Peserta didik serta 3 orang Guru sebagai Penilai dan kelompok besar sebanyak 64 Peserta didik serta 5 orang Guru sebagai Penilai. Hasil uji validitas instrumen yang dilakukan oleh kelompok kecil dan kelompok besar semuanya menyatakan bahwa instrumen valid. Uji reliabilitas pada Guling depan sebesar r 0,982, Guling belakang r 0,887, Meroda r 0,913, dan Gerakan Sikap Lilin r 0,966. Kesimpulan dari pengembangan instrumen penilaian proses ini pada kategori valid dan reliabel. Produk Instrumen senam lantai yang dikembangkan rata-rata cukup objektif digunakan untuk penilaian proses senam lantai dan dapat digunakan untuk memudahkan guru-guru PJOK dalam menilai proses siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani utamanya pada proses gerakan senam lantai.
Copyrights © 2023