Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
Vol. 12 No. 2 (2023): Desember

Analisis Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berargumentasi Siswa Dengan Model Argument Driven Inquiry Berbasis Socio-Scientific Issue

Pelegia Dianti (Universitas Muhammadiyah Pontianak)
Ari Sunandar (Universitas Muhammadiyah Pontianak)
Anandita Eka Setiadi (Universitas Muhammadiyah Pontianak)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Model pembelajaran yang digunakan di SMA Taman Mulia Kubu Raya masih kurang sesuai dengan materi yang diajarkan dan guru menggalami kendala dalam mengaitkan isu-isu atau fenomena sains dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry berbasis Socio-Scientific Issue terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berargumentasi siswa kelas XI SMA Taman Mulia. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan Quasy Eksperimental dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Pengumpulan data menggunakan test pilihan ganda dan uraian. Analisis data menggunakan interprestasi effect size dengan interprestasi Cohen. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan model Argument Driven Inquiry berbasis Socio-Scientific Issue berpengaruh pada penguasaan konsep  siswa sebesar 65,3% dengan nilai effect size  sebesar 1.37 dan berpengaruh terhadap kemampuan berargumentasi sebesar 58,9% dengan nilai effect size sebesar 1.12. Kesimpulan model pembelajaran Argument Driven Inquiry berbasis Socio-Scientific Issue berpengaruh besar terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berargumentasi siswa.   Kata kunci: Argument Driven Inquiry, Socio-Scientific Issue, Penguasaan Konsep, Kemampuan Berargumentasi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jq

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan (p-ISSN: 2088-3331, e-ISSN: 2655-5603) is published by the LPPM Universitas Muhammadiyah Sorong. This journal focuses on information delivery of scientific research findings conducted by the academic community in particular internal and external of Universitas ...