Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
Vol. 13 No. 1 (2024): Juni

Andi Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik

Andi Maryam (Unknown)
Nurhikmah (Unknown)
Irfandi Idris (Unknown)
Bansaulang, Cindirellah Zelly (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas II SD Al –Irsyad Kota Sorong, Papua Barat Daya melalui Model PBL (Problem Based Learning) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur penelitian melalui perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 kali siklus dengan subjek penelitian siswa kelas II yang berjumlah 28. Hasil dari penelitian ini yaitu, dalam siklus I rata-rata hasil belajar siswa 67,75 dengan presentase ketuntasan klasikal 71,72%. Sementara dalam siklus II rata-rata hasil belajar siswa mencapai nilai 82,61 dengan presentase ketuntasan klasikal 79%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPS siswa berbasis kearifan lokal dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) pada siswa kelas II SD Al –Irsyad Kota Sorong, Papua Barat Daya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jq

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan (p-ISSN: 2088-3331, e-ISSN: 2655-5603) is published by the LPPM Universitas Muhammadiyah Sorong. This journal focuses on information delivery of scientific research findings conducted by the academic community in particular internal and external of Universitas ...