Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
Vol. 13 No. 1 (2024): Juni

Pengaruh Model Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) Menggunakan QR-Code Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Simpang Hilir

Sonia (Unknown)
Setiadi, Anandita Eka (Unknown)
Rahayu, Hanum Mukti (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2024

Abstract

JASĀ digunakan untuk memanfaatkan lingkunganĀ alam sekitar sebagai objek pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model JAS menggunakan QR-Code terhadap hasil belajar siswa di SMAN 1 Simpang Hilir. Penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperimen, pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian kelas eksperimen menghasilkan rata-rata nilai pretest 22,36, rata-rata nilai posttest 85,76. Kelas kontrol nilai pretest 24,67, nilai posttest 56,01. Data dianalisis secara statistik menggunakan uji normalitas dengan Shapiro Wilk dikelas eksperimen memperoleh hasil nilai pretest dengan sig 0,141>0,005 dan nilai posttest 0,056>0,005, kelas eksperimen berdistribusi normal, dan pada kelas kontrol data pretest nilai sig 0,000<0,005 dan posttest sig 0,000<0,005, pada kelas kontrol tidak normal. Dilakukan uji U Mann-Whitney sig 0,001<0,005, tidak terdapat perbedaan signifikan dengan model JAS menggunakan QR-Code. Uji Effet Size memperoleh hasil 1,07 (Kreteria Tinggi), terdapat pengaruh dengan model JAS Menggunakan QR-Code.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jq

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan (p-ISSN: 2088-3331, e-ISSN: 2655-5603) is published by the LPPM Universitas Muhammadiyah Sorong. This journal focuses on information delivery of scientific research findings conducted by the academic community in particular internal and external of Universitas ...