Khazanah Akademia
Vol. 8 No. 02 (2024): Khazanah Akademia

Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Gelombang Bunyi di SMA Negeri 6 Gorontalo Utara: Efektivitas, Kepraktisan, dan Validitas

Ombili, Ismail (Unknown)
Buhungo, Trisnawaty (Unknown)
Supartin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Latar belakang pengembangan E-Modul ini didasarkan pada kebutuhan akan inovasi dalam pembelajaran yang lebih interaktif, mengingat modul cetak konvensional dirasa kurang efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa, terutama dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi E-Modul materi gelombang bunyi bagi siswa di SMA Negeri 6 Gorontalo Utara, menggunakan model pengembangan media ASSURE, dengan E-Modul yang interaktif diharapkan dapat mendukung pemahaman siswa terhadap konsep gelombang bunyi. Metode penelitian meliputi analisis kebutuhan, pengembangan materi, validasi oleh dua ahli, serta uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ini valid, dengan rata-rata skor 3,67 dari dua validator, yang masuk kategori "valid" dan "berguna". Dari aspek kepraktisan, observasi keterlaksanaan pembelajaran mencapai 92,06%, sementara respon siswa sangat baik dengan skor 97,50%. Dari segi efektivitas, observasi aktivitas siswa dalam eksperimen yang menggunakan E-Modul menunjukkan rata-rata 87,99%, yang juga berada dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul ini terbukti valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran gelombang bunyi di SMA Negeri 6 Gorontalo Utara. Kesimpulan, E-Modul ini berhasil meningkatkan keterlibatan siswa dan mendukung proses pembelajaran yang lebih interaktif, serta berpotensi untuk diimplementasikan dalam mata pelajaran fisika secara luas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Jurnalkhazanahakademia

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Khazanah Akademia merupakan media publikasi hasil penelitian, telaahan kajian pustaka, dan/ atau gagasan dari berbagai kalangan peneliti pada bidang multi disiplin, yang bertujuan untuk memberikan kontribusi positif bagi perkembangan teori maupun ...