Institusi pendidikan kedokteran harus dapat menciptakan lingkungan belajar yang nyaman bagi mahasiswa kedokteran tanpa menurunkan standar dan kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap lingkungan belajar pada program studi Sarjana Kedokteran di Fakultas Kedokteran, sehingga dapat menjadi masukan kepada pihak institusi dalam upaya optimalisasi lingkungan belajar. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional dengan melibatkan 140 responden mahasiswa terdiri dari semester 3, 5 dan 7. Penelitian untuk mengetahui persepsi mahasiswa ini diambil menggunakan kuesioner Dundee Ready Educational Environment Measure (DREEM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan 80% mahasiswa memiliki persepsi “sedang” terhadap lingkungan belajar fakultas kedokteran. Berdasarkan hasil tersebut diketahui ada beberapa item mendapatkan respon negatif dari mahasiswa, yang menunjukkan bahwa masih terdapat mahasiswa yang tidak puas terhadap elemen-elemen yang ada pada lingkungan belajar fakultas kedokteran. Oleh karena itu, perlu ada peningkatan kualitas lingkungan belajar di fakultas kedokteran.
Copyrights © 2024