Jurnal Ilmiah POTENSIA
Vol 9 No 1 (2024): JANUARI

Implementasi Mendongeng dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini

Pascalian Hadi Pradana (Universitas PGRI Argopuro Jember)
Fadil Djamali (Universitas PGRI Argopuro Jember)
Ainun Nasyiyatul Khoiriyah (Universitas PGRI Argopuro Jember)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasi kegiatan mendongeng dalam meningkatkan kemampuan Bahasa anak usia dini. Mendongeng merupakan sebuah seni tentang cerita dari suatu peristiwa dan disampaikan secara lisan. Kegiatan mendongeng yang melibatkan pendengaran dan pengamatan oleh anak-anak akan menumbuhkan dari segi Bahasa anak itu sendiri. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui kegiatan observasi dari pelaksanaan kegiatan mendongeng. Mendongeng dapat meningkatkan kemampuan Bahasa anak yakni pada aspek menceritakan kembali isi cerita secara sederhana, menjawab pertanyaan tentang dongeng dengan baik, dan melanjutkan isi cerita dongeng. Peningkatan terjadi pada siklus I ke siklus I pada masing-masing aspek penilaian. Aspek menceritakan kembali isi cerita secara sederhana mengalami peningkatan yakni pada siklus I sebesar 50% atau 7 anak menjadi 85,8% atau 12 anak yang memenuhi indicator keberhasilan. Pada aspek menjawab pertanyaan tentang dongeng dengan baik juga mengalami peningkatan, yakni pada siklus I sebesar 50% atau 7 anak menjadi 85,8% atau 12 anak yang memenuhi indicator keberhasilan. Pada aspek melanjutkan isi cerita dongeng juga mengalami peningkatan yakni pada siklus I sebesar 71,4% atau 10 anak menjadi 92,9% atau 13 anak yang memenuhi indicator keberhasilan. Dengan hasil ini karena pada siklus II telah memenuhi indicator keberhasilan, maka penelitian telah selesai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

potensia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Potensia merupakan hasil penelitian tentang Pendidikan Anak Usia Dini yang menyajikan hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian dengan paradigma penelian seperti PTK, Kualitatif, Kuantitatif, Teoritik, Opini, Resensi buku dan kajian lainnya. Jurnal ini diperuntukkan bagi para ahli, ...