Edu Geography
Vol 11 No 3 (2023): Vol 11 No 3 (2023)

Pengembangan E-Modul Berbasis Kebudayaan Pandalungan Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Geografi di SMA

Ana Wahyu Lestari (Universitas Jember)
Sri Astutik (Unknown)
Bejo Apriyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji kevalidan pengembangan e-modul berbasis kebudayaan pandalungan terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran geografi di SMA, dan (2) mengkaji respon siswa terhadap pengembangan e-modul berbasis kebudayaan pandalungan terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran geografi di SMA. Pengelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Tahap-tahap pengembangan meliputi tahap analyze (analisis), design (desain), development(pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Sampel uji coba lapangan sebanyak 33 orang siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Jember. pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon, dan tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis kebudayaan pandalungan terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran geografi di SMA menurut ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa dinyatakan sangat valid dengan nilai rata-rata 90.91%. Penerapan dan penggunaan e-modul mendapat respon baik dengan nilai persentase sebesar 74.55%. Kemampuan berpikir kreatif siswa dikategorikan baik dengan nilai persentase sebesar 78.64%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edugeo

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Edu Geography [p-ISSN 2252-6684|e-ISSN 2549-0346|DOI 10.15294.edugeo] publishes original research and conceptual analysis of geography education. Edu Geography provides a forum for educators and scholars to present innovative teaching strategies and essential content for elementary and secondary ...