Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 4 No 2 (2024): JULI

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS APLIKASI FLIP PDF PROFESIONAL SUBTEMA 3 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Fajrin, Astri Ivanali (Unknown)
Suryani, Lilis (Unknown)
Rosdiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2024

Abstract

Kesulitan dalam pembelajaran seperti minat belajar yang kurang, kurangnya fokus peserta didik, serta kurang aktifnya peserta didik dikelas menjadi masalah urgen dalam pembelajaran. Salah satu cara mengatasi hal tersebut adalah menyediakan bahan ajar yang menarik berbentuk e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan pengembangan berbasis aplikasi flip pdf, untuk merancang bahan ajar e-modul berbasis aplikasi flip pdf, untuk mengetahui validitas dan praktikalitas e-modul berbasis aplikasi flip pdf. Jenis penelitian ini merupakan e-modul penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) yang disandingkan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dibutuhkannya sebuah bahan ajar yang berwarna, bergambar, menarik, dan bahasanya mudah dipahami. Bahan ajar lalu dirancang dengan membuat flowchart sehingga menghasilkan e-modul yang memenuhi kriteria validitas produk berdasarkan hasil penilaian ahli materi senilai 84%, ahli bahasa senilai 81%, dan ahli desain senilai 81%. Selain itu, bahan ajar yang dihasilkan memenuhi kriteria praktikalitas dengan hasil 95% (sangat praktis).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...