Pendidik merupakan komponen yang mempengaruhi proses pendidikan yang harus diimbangi dengan kemampuan mengimplementasikan perangkat, media, srategi, metode maupun model pembelajaran. Salah satu model yang diterapkan adalah model pembelajaran think pair share. Hal ini bertujuan untuk membangun suasana belajar yang komunikatif antar siswa melalui saling berbagi informasi dalam kelompok. Hal ini didasari dari hasil observasi di kelas VII di SMP Negeri 14 Kota Bima bahwa hasil belajar Biologi siswa hanya terdapat 70% siswa belum mencapai ketuntasan. Hal ini menunjukan bahwa rendahnya hasil belajar siswa turut berpengarauh terhadap kurangnya keaktifan siswa mendominasi di kelas tersebut. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Terdiri dari kelompok kontrol siswa kelas VII A dengan jumlah 33 siswa menerapkan model diskusi dan kelompok eksperimen kelas VII B dengan jumlah 33 siswa menerapkan model Think pair share. Instrument untuk mengamati aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi sesuai dengan aspek aktivitas. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh ada perbedaan persentase keaktivan siswa yang signifikan antara kelas control dan eksperimen, sehingga disimpulkan Model pembelajaran think pair share berpengaruh terhadap hasil belajar afektif siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bima tahun ajaran 2022/2023.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024