Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 4 No 2 (2024): JULI

IMPLEMENTASI KARAKTER CINTA DAMAI MELALUI PROGRAM ANTI BULLYING SISWA KELAS V DI SDIT USHULUDDIN

Jumainah (Unknown)
Wibowo, Dodiet Enggar (Unknown)
Adrian, Yudha (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi karakter cinta damai melalui program anti bullying siswa kelas V di SDIT Ushuluddin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, penanggungjawab program anti bullying, guru kelas V, dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan implementasi karakter cinta damai melalui program anti bullying siswa kelas V dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan program dilakukan dengan pembuatan SOP, pembuatan tata tertib, melengkapi sarana prasarana dan lain sebagainya. Dengan adanya program anti bullying, maka dapat menumbuhkan karakter cinta damai siswa kelas V, ditunjukkan dengan siswa sudah mampu memenuhi capaian dari indikator karakter cinta damai seperti menciptakan suasana kelas yang damai, dan berperilaku anti kekerasan. Walaupun masih ada tindakan bullying, siswa dan guru tetap saling mengingatkan dan adanya bimbingan yang dilakukan oleh satgas anti bullying.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...