Journal Liaison Academia and Society
Vol 4, No 2 (2024): Juni 2024

Pemahaman Investasi Menggunakan Metode Permainan Stocklab di SMA Katolik Cinta Kasih Tebing Tinggi

Hutasoit, Apren Halomoan (Unknown)
Fanny, Fanny (Unknown)
Christine, Christine (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang investasi melalui metode permainan Stocklab di SMA Katolik Cinta Kasih Tebing Tinggi. Permasalahan yang diangkat adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap investasi di pasar modal yang dianggap sulit dan berisiko. Penelitian ini menggunakan metode pengabdian masyarakat yang melibatkan 32 siswa sebagai peserta. Program ini meliputi pemaparan materi investasi, pengenalan aplikasi untuk transaksi saham, dan pelaksanaan permainan Stocklab. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap investasi setelah mengikuti program, yang ditunjukkan oleh perbedaan signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Kesimpulannya, metode permainan Stocklab efektif dalam meningkatkan literasi investasi di kalangan siswa SMA. Saran untuk pengembangan lebih lanjut adalah penambahan fasilitas laboratorium investasi di sekolah.Kata Kunci: investasi; Stocklab; literasi keuangan; pendidikan

Copyrights © 2024