Penurunan kualitas pelayanan publik sangat berpengaruh dengan kredibiltas dan kinerja para aparatur serta menimbulkan dampak negatif di mata masyarakat. Analisis manajemen strategi dalam pelayanan publik terhadap masyarakat juga melibatkan pengembangan strategi yang responsif dan adaptif. Sehingga tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis Strategi Manajemen dalam Memberikan Pelayanan Masyarakat di Kelurahan Buluminung Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Desain penelitian ini adalah penelitian survey. Lokasi penelitian pada penelitian ini di Kelurahan Buluminung Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara. Adapun waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Juli sampai dengan September 2023. Studi dan temuan penelitian menunjukkan bahwa Strategi Manajemen Pelayanan Publik yang diterapkan oleh Kelurahan Buluminung Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara, yaitu pengadaan sarana dan prasarana seperti internet, laptop pegawai untuk pembuatan dokumen atau kebutuhan administratif, menyediakan ruang yang cukup, mengadakan pelatihan, workshop, dan program pelatihan lain, serta memastikan komunikasi dengan Kecamatan dan intansi yang terkait untuk mengelola keuangan secara efisien. Sehingga penelitian ini dapat digunakan sebagai pedoman Kelurahan Buluminung Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara. dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
Copyrights © 2023