Jurnal Ilmiah Edunomika (JIE)
Vol 8, No 1 (2024): EDUNOMIKA

THE INFLUENCE OF CELEBRITY ENDORSEMENT AND BRAND TRUST ON CONSUMER PURCHASING DECISIONS WITH CUSTOMER SATISFICATION AS A MODERATION VARIABLE

Frans Sudirjo (Universitas 17 Agustus 1945 Semarang, Jakarta)
Tono Wartono (Universitas Nadlatul Ulama Cirebon, Indonesia)
Eva Desembrianita (Universitas Muhammdiyah Gresik, Indonesia)
Nuraini Nuraini (Universitas Muhammdiyah Kalimantan Timur, Indonesia)
Muhammad Fikri Maulana (Universitas Pasundan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2023

Abstract

Abstract Beberapa faktor yang dapat mempegaruhi Customer Pruchasing Decisions adlah faktor promosi dan kepercayan terhadap produk. Faktor promos dapat ditempuh dengan berbagai maca cara, salah satunya melalui endors oleh selebriti. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan meneliti pengaruh Celebrity Endorsment dan Brand Trust terhadap Consumer Pruchasing Decision. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penelitian eksplanatori yang mendasarkan pada penelitian-penelitian sebelumnya. Berbeda dengan penelitian-penelitan sebelumnya, penelitian ini menambahkan variabel Consumer Satisfication yang peneliti yakini dapat memoderasi variabel Celebrity Endorsment dan Brand Trust terhadap Consumer Pruchassing Decision. Hasil penelitian menunjukkan variabel Celebrity Endorsment dan Brand Trust berpengaruh secara positf dan signifikan terhadap variabel Consumerr Pruchasing Decision. Variabel Customer Satisfication juga dapat memoderasi variabel Celbrity Endorsment dan Brnad Trust terhadap Consumer Pruchasing Decision. Keywords : Celebrity Endorsment, Brand Trust, Consumer Satsfication, Consumer Purchasing Decision

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Ilmiah EDUNOMIKA dengan ISSN 2598-1153, diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Pebruari dan Agustus) oleh LPPM STIE AAS Surakarta bekerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Ekonomi (PUSKAPE), Yayasan Keluarga Muslim Al Azarul Ulum Sukoharjo. Terbit pertama pada bulan Pebruari 2017. Redaksi ...